Di bawah ini bukan tokoh yang merumuskan rancangan dasar negara adalah

Di bawah ini bukan tokoh yang merumuskan rancangan dasar negara adalah

Di bawah ini bukan tokoh yang merumuskan rancangan dasar negara adalah …

Ir. Soekarno

Mr. Muhammad Yamin

Drs. Mohammad Hatta

Prof. Dr. Soepomo

Tokoh yang tidak ikut merumuskan rancangan dasar negara adalah Drs. Mohammad Hatta. Alasannya adalah terdapat tiga tokoh yang memberikan usul atau merumuskan rancangan dasar negara yaitu:

  1. Mr. Muhammad Yamin
  2. Prof. Dr. Soepomo
  3. Ir. Soekarno

Ketiga tokoh tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam merumuskan rancangan dasar negara yaitu Pancasila.

Pembahasan

Dasar negara Indonesia adalah Pancasila, yang memiliki arti dalam bahasa Sansekerta yaitu arti dari “Panca” adalah lima, sedangkan arti dari “sila” adalah alas dasar. Terdapat tiga tokoh nasional yang merumuskan Pancasila sebagai dasar negara yaitu:

  1. Mr. Muhammad Yamin
  2. Prof. Dr. Soepomo
  3. Ir. Soekarno

Ketiga tokoh tersebut merumuskan Pancasila pada saat sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang berlangsung dari tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945. Adapun rumusan Pancasila dari ketiga tokoh tersebut adalah:

  1. Mr. Muhammad Yamin mengajukan rumusan dasar negara pada tanggal 29 Mei 1945 yang terdiri dari 5 dasar yaitu Perikebangsaan, Perikemanusiaan, Periketuhanan, Perikerakyatan, Kesejahteraan rakyat.
  2. Prof. Dr. Soepomo mengusulkan rumusan dasar negara pada tanggal 31 Mei 1945 yaitu Persatuan, Kekeluargaan, Keseimbangan lahir dan batin, Musyawarah, Keadilan rakyat.
  3. Ir. Soekarno mengusulkan dasar negara pada tanggal 1 Juni 1945 yang terdiri dari Pancasila (Kebangsaan Indonesia atau nasionalisme, Internasionalisme atau perikemanusiaan, Mufakat atau demokrasi, Kesejahteraan Sosial, Ketuhanan), Trisila (Sosio-nasionalisme, Sosio-demokratis, Ketuhanan) dan Ekasila (Gotong royong). Namun akhirnya yang dipilih adalah Pancasila.

#PPKN