Jelaskan hubungan agama dan negara di negara liberalisme

Jelaskan hubungan agama dan negara di negara liberalisme, sosialisme dan pancasila

Jelaskan hubungan agama dan negara di negara liberalisme, sosialisme dan pancasila

Jawaban:

Agama di negara penganut:

Liberalisme : negara memberi kebebasan pada warganya untuk memeluk agama dan kepercayaannya, tidak ada larangan untuk memeluk agama atau kepercayaan tertentu karena hal itu merupakan privasi setiap orang.

Sosialisme: meskipun negara sosialis dianggap negara yang tidak mengakui agama oleh sejumlah pihak, namun tidak melarang warganya memeluk suatu agama atau kepercayaan karena hal itu termasuk privasi bagi warganya.

Pancasila: dalam hal ini Indonesia, di dalam konstitusinya, mengakui 6 agama yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Konghucu. Namun jika ada warga yang masih memeluk aliran kepercayaan seperti di dalam pedalaman Papua atau Kalimantan, hal itu tidak dilarang karena itu adalah hak setiap manusia untuk memeluk kepercayaan.

Penjelasan:

Pada intinya, negara manapun sebagian besar tidak ada yang melarang warganya untuk memeluk suatu agama, karena hal itu adalah hak asasi setiap manusia. Namun di beberapa negara, antara lain Indonesia, melarang warganya untuk memeluk kepercayaan atau paham komunisme atau atheisme, karena hal itu bertentangan dengan Pancasila sila pertama.