Mengapa perdagangan intenasional dapat meningkatkan produktivitas usaha

Mengapa perdagangan intenasional dapat meningkatkan produktivitas usaha!

JAWABAN

Perdagangan internasional dapat meningkatkan produktivitas usaha dikarenakan dengan adanya perdagangan internasional suatu negara dapat membeli atau mengimpor alat-alat atau mesin mesin dari negara lain untuk digunakan memproduksi didalam negeri. kondisi ini dapat meningkatkan produktivitas negara tersebut karena dengan membeli alat tersebut dapat memunginkan sekali untuk menambah kemampuan produksi perusahaan tersebut dan ikut andil dalam menambah tingkat produktivitas didalam negeri.

 

Pembahasan

Apa itu perdagangan internasional ? yaitu perdagagan sebagai pertukaran barang dan jasa atau uang yang sailing menguntung dan saling memberikan manfaat atas dua pihak dan dilakukan secara sukarela dari masing-masing pihak tersebut, dengan konteks transasik bisnis yang dilakukan oleh pihak-pihak yang berbeda negara.

Mengapa perdagangan internasional dapat terjadi? itu dikarenakan adanya keterbatasan sumber daya dimasing-masing negara tersebut, oleh karena untuk untuk memenuhi kebutuhan yang disebabkan karena keterbatasan itu negara membutuhkan bantuan dari negara lain dengan cara terjadi perdagangan atau pertukaran barang dan jasa itu tadi.

Terdapat beberapa faktor yang mendorong terjadinya kegiatan perdagangan internasional ini yaitu :

  • Adanya perkembangan IPTEK. setiap negara memiliki IPTEK yang berbeda-beda tentu negara berkembang harus banyak belajar dari negara maju dengan cara membeli dan meneliti teknologi yang dimiliki oleh negara maju.
  • Adanya sistem kebebasan ekonomi atau pasar bebas. Dengan sistem tersebut dapat mendorong produsen lokal untuk mengenalkan produk dengan kualitas tingginya ke mancanegara, dengan tersebut dapat memiliki potensi untuk menambah kekayaan atau penghasilan negara.
  • Kekayaan sumber daya alam yang beragam dari berbagai negara. dikarenakan berbeda letak geografinya tentu ada sumber daya di beberapa negara yang itu langka dan hanya terdapat dinegara lain,, misalnya seperti rempah-rempah, bangsa eropa sangat minim sekali produksi rempah-rempah oleh karena itu mereka memerlukan impor ke negara yang berada di garis khatulistiwa yang mana kaya akan rempah-rempah seperti Indonesia.

Perdagangan internasional juga memiliki beberapa manfaat, berikut ini manfaatnya :

  • Mempererat hubungan antar-negara.
  • Mendatangkan devisa negara.
  • Untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri.
  • Peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Perluasan lapangan pekerjaan.