Pentingnya Mata Pelajaran PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarga Negaraan)

PPKN merupakan mata pelajaran yang biasanya diajarkan di tingkat dasar, menengah atau universitas.            Arti dari PPKN adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu pelajaran penting dan Pentingnya Mata Pelajaran PPKN yang harus dipelajari oleh semua siswa di Indonesia.

Pembelajaran PPKN ini diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Selain mengetahui pengertian PPKN, anda juga perlu mengetahui tujuan dari pelajaran PPKN ini. Selain untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, masih banyak tujuan lain dari pelajaran PKn yang hadir di setiap kurikulum.

Pengertian Secara Umum Tujuan PPKN Dan Pentingnya Mata Pelajaran PPKN

Bagi teman yang ingin memahami pengertian PPKN berikut ini dikutip dari berbagai sumber, pengertian PPKN beserta tujuan topik ini, dan materi dari waktu ke waktu. Mari kita periksa

1. Pengertian PPKN

Pengertian PPKN secara umum menjelaskan tentang tatanan kehidupan sehari-hari warga negara yang diharapkan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. PPKN merupakan mata pelajaran yang selalu diajarkan kepada peserta didik mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

Hal ini terutama diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam aturan tersebut, PPKN diajarkan dalam kurikulum pendidikan dengan maksud untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa patriotisme dan nasionalisme sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

2. Tujuan Adanya PPKN

Selain mengetahui pengertian PPKN, anda juga perlu mengetahui pentingnya tujuan dari pelajaran PPKN. Ada banyak tujuan dari pelajaran PPKN, dan berikut ini adalah tujuan dari pelajaran PPKN:

1.  Penanaman nilai-nilai luhur yang terdapat dalam Pancasila.

2. Ciptakan warga negara yang berwawasan negara.

3. Membantu memahami makna Pancasila yang sebenarnya.

4. Menanamkan rasa patriotisme dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia pada generasi muda penerus               bangsa.

5. Membantu memperkuat rasa cinta tanah air Indonesia.

6. Membantu bertindak sesuai dengan nilai-nilai etika Pancasila.

7. Generasi muda diharapkan memiliki kesadaran penuh tentang demokrasi dan hak asasi manusia.

8. Membantu warga negara untuk mengamalkan Pancasila dalam berbagai situasi dan keadaan.

9. Mendorong warga negara untuk berperilaku baik, bermoral dan bermartabat.

10. Berkontribusi dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bangsa, seperti konflik dan kekerasan.

Materi PPKN dari Masa ke Masa

Ternyata PPKN juga memiliki perbedaan dari waktu ke waktu. Pelajaran ini sudah ada sejak tahun 1984 dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Berikut beberapa materi PPKN dari waktu ke waktu:

1. PMP tahun 1984

Berisi materi dan pengalaman pendidikan tentang P4 yang mengajarkan pelajaran moral berdasarkan Pancasila. Oleh karena itu, nilai-nilai dalam PMP didasarkan pada Pancasila yang dijadikan sebagai acuan tunggal.

2. PPKN tahun 1994

Berisi materi dan pengalaman belajar yang disusun secara spiral atau diartikulasikan berdasarkan poin-poin nilai yang secara konseptual disajikan dalam Pancasila. Oleh karena itu, konsep nilai hadir dalam Pancasila dengan organisasi heliks/engsel.

3. PKN tahun 2006

Fokus pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berakhlak mulia berdasarkan amanat Pancasila dan UUD 1945. Dengan demikian, nilai-nilai yang terkandung bersumber dari UUD 1945 dan Pancasila.

4. PPKN tahun 2013

Ia memiliki berbagai materi yang diperoleh dari empat pilar kewarganegaraan (UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia). Nilai yang diberikan dalam topik ini sangat baik jika dilihat dari cakupannya dan dapat dikatakan sebagai topik yang hampir sempurna. Jadi, nilai-nilai yang didapat dari empat pilar kebangsaan.

Inilah pengertian PPKN beserta makna dan tujuan PPKN. Semoga dengan mengetahui pengertian PPKN dapat menjadi pelajaran bagi anda semua.